Sentosa Wisata Umroh

Sentosa Wisata Umroh

PAKET UMROH PLUS MAROKO DAN SPANYOL

Bismillahirrahmanirrahim was shalatu wassalamu 'ala Rasulillah, 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para Pembaca yang Dirahmati Allah, 

PAKET UMROH PLUS MAROKO DAN SPANYOL. Akan kemanakah Anda dan keluarga umroh atau berlibur kali ini ? Jika Anda masih bingung hendak kemana mengisi liburan, Sentosa Wisata menyediakan paket yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga yakni paket umroh plus jalan-jalan ke negara Maroko dan Spanyol untuk tahun 2014 ini dengan harga murah. Dengan biaya yang kami tawarkan, Anda dan keluarga sudah bisa beribadah umroh sekaligus mengunjungi 2 negara yakni Maroko dan Spanyol.

Maroko berada di Benua Afrika bagian tepi utara berseberangan dengan Spanyol, kedua negara ini hanya dipisahkan oleh sebuah selat yang sangat terkenal yakni Gibraltar, sebuah nama yang diambil dari nama pahlawan Islam yang berhasil menaklukan Andalusia, Thariq bin Ziyad. Anda akan mengetahui lebih lanjut di bacaan setelah ini.

Apa ya istimewanya Maroko dan Spanyol sehingga kita perlu berkunjung ke negara ini bersama keluarga ?

Maroko dan Spanyol memiliki ikatan sejarah Islam yang erat dalam penaklukan Eropa di Spanyol atau dikenal dengan nama Andalusia pada zaman dahulu kala. Kekhalifahan Islam yang kemudian tegak di Andalusia merupakan salah satu masa keemasan Islam, dimana pada saat yang sama Eropa dan banyak tempat lain di dunia masih berada dalam masa kegelapan. Peninggalan-peninggalan masa keemasan di Maroko dan Spanyol ini akan kita kunjungi bersama di dalam paket umroh plus Maroko dan Spanyol 2014. Salah satu peninggalan yang paling spektakuler adalah Istana dan Masjid Alhambra.

Sejarah berawal ketika pada zaman Kekhalifahan Utsman bin Affan, dikirimlah pasukan Islam untuk menaklukan kawasan Afrika Utara, di dalam pasukan tersebut terdapat putra-putra sahabat Rasulullah SAW. Pasukan ini berhasil menaklukan wilayah yang kini adalah Tunisia dan Maroko dan mengalahkan pasukan Romawi di sekitar wilayah ini. Setelah itu Musa bin Nushair memegang komando utama pasukan Islam di Afrika. Ia berhasil meraih kemenangan sampai jauh ke bagian Barat Afrika di tepi Samudera. Dalam perjalanannya, seorang pemimpin kelompok sebuah suku Berber - suku asli Maroko - bernama Thariq bin Ziyad memeluk Islam bersama pasukannya dan memperkuat pasukan Islam.

Penaklukan daratan Spanyol semakin dekat ketika Julian, pangeran Spanyol, yang berkedudukan di Ceuta (Sabatah) meminta bantuan pemimpin pasukan Islam di Afrika, Musa bin Nushair, untuk membantunya menyerang dan menjatuhkan Raja Kristen Spanyol, Raja Roderick dari bangsa Visigoth, yang berkuasa di Spanyol di ibu kotanya di Toledo. Pangeran Julian marah besar karena Raja Kristen ini telah memperkosa adik perempuannya yang ia titipkan ke Raja untuk memperoleh pendidikan tinggi. Pangeran Julian ini kemudian berkawan sangat dekat dengan Thariq bin Ziyad.

Tibalah saatnya Panglima Perang Thariq bin Ziyad menyerang Raja Roderick di Spanyol bersama 7000 tentaranya yang mayoritas berasal dari suku Berber, Maroko. Mereka menyeberang ke Spanyol pada tahun 711 M, kemudian mendarat di dekat Gunung Batu Besar yang kelak dinamai dengan namanya, Jabal (gunung) Thariq, lidah Orang Eropa sulit mengatakan Thariq sehingga menyebutnya dengan Gibraltar. Setelah pendaratan di Spanyol ini berhasil, tiba-tiba Thariq mengambil keputusan yang hingga sampai saat ini membuat tercengang para ahli sejarah, ia membakar semua perahu yang telah digunakan untuk menyeberang ke Spanyol.

Thariq lalu berdiri di hadapan seluruh pasukannya seraya berpidato dengan kharismatik dan lantang.

"Di mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian. Musuh di hadapan kalian. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali sikap benar dan sabar. Musuh-musuh kalian sudah siaga di depan dengan persenjataan mereka. Kekuatan mereka besar sekali. Sementara kalian tidak memiliki bekal lain kecuali pedang, dan tidak ada makanan bagi kalian kecuali yang dapat kalian rampas dari tangan musuh-musuh kalian. Sekiranya perang ini berkepanjangan, dan kalian tidak segera dapat mengatasinya, akan sirnalah kekuatan kalian. Akan lenyap rasa gentar mereka terhadap kalian. Oleh karena itu, singkirkanlah sifat hina dari kalian dengan sifat terhormat. Kalian harus rela mati. Sungguh saya peringatkan kalian akan situasi yang saya pun berusaha menanggulanginya. Ketahuilah, sekiranya kalian bersabar untuk sedikit menderita, niscaya kalian akan dapat bersenang-senang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, janganlah kalian merasa kecewa terhadapku, sebab nasib kalian tidak lebih buruk daripada nasibku..."

Selanjutnya Thariq berteriak kencang, "PERANG ATAU MATI!"

Pidato ini berhasil mengobarkan semangat jihad seluruh pasukan Islam saat itu.

Pada tanggal 19 Juli 711 M, pasukan Thariq yang saat itu telah mendapat tambahan pasukan menjadi 12.000 personel berhadapan dengan Raja Roderick dan pasukannya di mulut sungai (Rio) Barbate. Peperangan tersebut terjadi di bulan Ramadhan, berlangsung sengit selama 8 hari dan berhasil dimenangkan oleh pasukan Thariq dengan gemilang. Raja Roderick sendiri menghilang dan diduga tenggelam di Sungai Barbate, karena kuda dan sepatunya ditemukan di tepi sungai.

Pada saat kemenangan ini terjadi, Kekhalifan Islam berpusat di Damaskus, Syam, dengan Bani Umayyah sebagai pemegang kekuasaan.

Peradaban Islam pada zaman Kekhalifahan di Cordoba, Andalusia, merupakan salah satu yang mencapai kegemilangan luar biasa. Masyarakatnya pun hidup damai dan rukun walaupun berbeda suku, ras dan agama. Masing-masingnya menyumbang kemajuan itelektual di Andalusia, banyaknya ilmuwan Islam dan Yahudi di sana pada saat itu.

Sebagai bukti kegemilangan masa Cordoba, Andalusia, pada abad ke 10 kota Cordoba memiliki 60.000 istana, 700 masjid, 900 pemandian, karena air sungai di sana tidak dapat diminum maka penguasa Muslim saat itu mendirikan saluran dari pegunungan yang panjangnya 80 km, dan terdapat 70 perpustakaan. Salah satu perpustakaan terbesarnya memiliki 500.000 naskah. Sebagai perbandingan, perpustakaan di Eropa Kristen saat itu memiliki tak lebih dari 400 naskah, bahkan pada kira-kira abad ke-14, Universitas di Paris baru memiliki sekitar 2.000 buku. Perpustakaan, penyalin, penjual buku, pembuat kertas, dan sekolah-sekolah di seluruh Al Andalus menerbitkan sebanyak 60.000 buku tiap tahunnya, termasuk risalah, puisi, polemik, dan antologi. Sebagai perbandingan lainnya, menurut UNESCO, Spanyol modern menerbitkan rata-rata 46.300 buku tiap tahunnya.

Selain itu, universitas pertama dan tertua di dunia ada di Maroko dan hingga kini masih berdiri, Universitas Al Qarawiyyin. Beberapa universitas tertua di dunia juga berada di Spanyol.

Cordova dan Granada oleh Kekhalifahan Islam dibangun menjadi salah satu yang paling indah di dunia pada zamannya dan hingga kini masih terlihat keindahannya yang luar biasa.

Ada beberapa tempat istimewa di Maroko dan Spanyol yang sudah dijadwalkan oleh Sentosa Wisata tour and travel untuk Anda dan keluarga kunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. KOTA CASABLANCA, MAROKO




Kata Casablanca berasal dari kata Casa Branca bahasa Spanyol ketika Spanyol menjajah daerah ini yang berarti rumah putih. Kini Casablanca adalah sebuah kota di tepi pantai, kota terbesar di Maroko yang menjadi yang paling sibuk sebagai pusat bisnis dan perdagangan.
Di kota ini kita mengunjungi Masjid Hassan II di tepi Samudera Atlantik.

Masjid Terapung, Masjid Hassan II, di Casablanca, Maroko




Masjid Hassan II dibangun pada tahun 1986 - 1993 untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko, Raja Hassan II. Masjid ini menjorok ke samudera Atlantik, membuat masjid ini seakan-akan berada di tengah lautan, layaknya masjid yang terapung. Masjid ini mendapat julukan sebagai masjid terapung terbesar di dunia. Masjid ini memiliki pemandangan indah ke luasan samudera.

Konon masjid ini adalah masjid terbesar di dunia nomer dua setelah Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Dan memiliki menara yang paling tinggi di dunia, setinggi 210 meter. Lahannya sangat luas 970.000 meter persegi. Daya tampung di dalam masjidnya sebanyak 25.000 jama'ah, ditambah dengan pelataran yang dapat menampung 80.000 jama'ah.

Tidak hanya itu, masjid ini juga mengaplikasikan teknologi tinggi cahaya laser untuk pencahayaan sehingga memberikan keindahan tersendiri di malam hari, konstruksinya tahan gempa, menggunakan pemanas lantai, dilengkapi pintu elektrik, atapnya dirancang bisa dibuka dan ditutup dengan teknologi canggih, dan lantainya di beberapa bagian menggunakan kaca tebal sehingga jama'ah dapat melihat langsung ke samudera Atlantik yang menyapu bebatuan di bawah masjid. Selain itu masjid ini memiliki ruang interior yang sangat luas dengan desain yang mengagumkan hasil ukiran tangan para seniman dan pengukir kelas dunia.

Masjid Hassan II menjadi ikon kota Casablanca.

2. KOTA RABAT, IBU KOTA MAROKO



Kota Rabat adalah ibu kota Maroko yang secara harfiah Rabat berarti kota berbenteng. Kota ini berada di tepi pantai samudera Atlantik. Di kota Rabat terdapat nama Rue Sukarno (jalan Sukarno) , dinamai sama dengan Presiden pertama Indonesia untuk mengenang jasa Soekarno. Indonesia dan Soekarno adalah salah satu yang paling aktif melalui jalur diplomasi memperjuangkan kemerdekaan untuk Maroko dari penjajahan Prancis. Presiden Soekarno meresmikan sendiri jalan tersebut bersama Raja Muhammad V pada tanggal 2 Mei 1960. Sebagai bentuk persahabatan dua negara, di Jakarta pun terdapat nama Jalan Casablanca. Dalam lawatan Bung Karno saat itu ke Maroko, Raja Muhammad V juga memberi hadiah istimewa bagi Rakyat Indonesia berupa fasilitas bebas visa bagi warga negara Indonesia yang hendak masuk dan berkunjung ke Maroko.

Beberapa lokasi yang akan di kunjungi di Kota Rabat adalah sebagai berikut :

Benteng Oudaya Kasbah




Hassan Tower




Makam Raja Maroko dan Putranya, Mohamed V Mouseleum




Peninggalan Romawi, Chellah Necropolis




3. KOTA TANGIER, MAROKO




Kota Tangier adalah salah satu kota di Maroko, terletak di pantai utara Benua Afrika, merupakan pintu masuk barat ke Selat Gibraltar, di selat inilah laut Mediterania bertemu dengan Samudera Atlantik di lepas Tanjung Spartel.

Di kota Tangier ini, kita akan mengunjungi :


Kota Tua Tangier, The Medina




Grand Socco




4. KOTA ALGECIRAS, SPANYOL




Algeciras adalah kota di tepi pantai bagian tepi paling selatan Spanyol, tempat pertama pendaratan perjalanan laut dari kota Tangier, Maroko. Di sini terdapat batu besar di tepi pantai yang diberi nama Gunung Batu Besar, Jabal Thariq atau Gibraltar menurut pelafalan orang Eropa, seperti sudah dijelaskan sebelumnya di atas.


5. KOTA GRANADA, SPANYOL


Merupakan kota yang terletak di Spanyol Selatan. Granada terletak di bawah kaki gunung Sierra nevada. Kira-kira membutuhkan waktu tempuh satu jam dari arah pantai Mediterania untuk mencapai kota Granada. 

Di kota ini kita akan mengunjungi : 


Istana Al Hambra Peninggalan Kekhalifahan Andalusia, Cordoba



Generalife (Jannat Al Arit), Istana dekat Al Hambra



6. KOTA CORDOBA, SPANYOL



Kota Cordoba pernah menjadi ibu kota Kekhalifahan Islam di Andalusia. Paling dikenal dengan Al Mosquitonya (Mezquita), dahulu bangunan bersejarah ini adalah Masjid Cordoba tapi kini telah beralih fungsi sebagai gereja. Dibangun pada saat Cordoba menjadi kota termakmur di Eropa pada zaman Renaissance. Bangunan ini berdiri tegak di dalam kompleks kota tua yang dikelilingi oleh benteng besar sisa Kekhalifahan Islam. Berseberangan dengan Al Mosquito (Mezquita) kita juga melihat jembatan Roman, jembatan kuno yang melintang menyeberangi sungai Guadalquivir. Jembatan ini dibangun pada zaman kejayaan Romawi pada kira-kira abad ke 1 SM. Cordoba dinyatakan sebagai kota terbesar nomer 2 di dunia yang diresmikan oleh UNESCO sebagai The World Heritage Site.


Masjid Cordoba (Mezquita) yang Kini Telah Menjadi Gereja



 



7. KOTA MADRID, IBU KOTA SPANYOL

Madrid adalah ibu kota Spanyol sekaligus merupakan kota terbesar di Spanyol, terletak di Sungai Mananares di bagian tengah Spanyol. 



Selama di Madrid tempat-tempat yang akan dikunjungi adalah sebagai berikut :



Royal Palace





Plaza Mayor 



Berbelanja di Gran Via






Demikianlah perjalanan kita di Maroko dan Spanyol setelah menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat itinerary paket umroh plus Maroko dan Spanyol untuk tahun 2014 di bawah ini. Kami berharap Anda dan keluarga memutuskan untuk bergabung bersama kami melakukan perjalan umroh ini dan mengunjungi peninggalan kekhalifahan Islam pada zaman Andalusia dan Cordova bersama Sentosa Wisata tour and travel. 



ITINERARY PAKET UMROH PLUS MAROKO DAN SPANYOL

Hari 01  JAKARTA - JEDDAH 
Berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 2 D menuju Jeddah, KSA, diharapkan jama'ah sudah mandi sunnah dan sholat sunnah Safar 2 raka'at sebelum berangkat ke bandara, tiba di Jeddah setelah proses imigrasi selesai melanjutkan perjalanan menuju Madinah menggunakan Bus AC. Tiba di Madinah check in hotel dan beristirahat.

Hari 02  MADINAH
Ziarah ke makam Rasulullah SAW dan kedua sahabatnya, dan ke pemakaman umum Baqi, memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi seperti melakukan sholat fardu berjama'ah, sholat sunnah Wudlu, Dhuha, sholat Hajat, sholat Taubat, sholat Tajahud , zikir , sholawat, membaca Al Qur’an, berdoa di tempat-tempat mustajab, bila memungkinkan berdoa di Raudoh.

Hari 03  MADINAH
Setelah makan pagi check out hotel kemudian melihat-lihat di Kota Madinah, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Bukit Uhud, Perkebunan Kurma, percetakan Al Quran, melanjutkan perjalanan menuju Makkah, mengambil Miqot di Bir Ali dan melaksanakan Sholat sunnah Ihrom 2 raka'at di Masjid Bir Ali, tiba di Makkah langsung check in hotel. Setelah beristirahat sejenak kemudian bersiap-siap melakukan ibadah umroh yang ke 1 (thawaf, sa’i dan tahalul) di Masjidil Haram.

Hari 04  MAKKAH
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, seperti melakukan sholat fardu berjamaah, sholat sunnah Wudhu, Thawaf Sunnah, Dhuha, Sholat Hajat, Sholat Taubat, Sholat Tahajud, dzikir, sholawat, membaca Al Quran, dan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail (Talang Emas), Multazam dan bila memungkinkan mencium Hajar Aswad.

Hari 05  MAKKAH
Ziarah kota Makkah seperti Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Padang Arafah, Muzdhalifah, Mina, Jabal Nur (Gua Hira) dan di Ji’ronah untuk mengambil miqot sebelum melaksanakan Umroh yang ke 2.

Hari 06  MAKKAH
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram seperti melakukan sholat fardu berjamaah, Sholat Sunnah Wudhu, Thawaf Sunnah, Dhuha, Sholat Hajat, Sholat Taubat, Sholat Tahajud, Dzikir, Sholawat, membaca Al Quran, dan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail (Talang Emas), Multazam dan bila memungkinkan mencium Hajar Aswad.

Hari 07  MAKKAH-JEDDAH - CASABLANCA 
Melaksanakan Tawaf Wada setelah Sholat Subuh kemudian check out dari hotel diantar menuju Bandara untuk melanjutkan perjalanan menuju Casablanca, tiba di Casablanca diantar ke hotel untuk check in kemudian mengunjungi Masjid Hassan II yang merupakan masjid terbesar di Maroko dan No. 5 terbesar di dunia kembali ke hotel untuk check in dan bermalam.

Hari 08  CASABLANCA - RABAT
Setelah makan pagi dan check out dari hotel melanjutkan perjalanan menuju Rabat, tiba di Rabat kita akan mengunjungi Oudaya Kasbah, Hassan Tower, Mohamed V Mouseleum, Chellah Necropolis, makan siang di restoran lokal diantar ke hotel untuk check in dan bermalam.

Hari 09  RABAT-TANGIER
Setelah makan pagi dan check out hotel melanjutkan perjalanan menuju Tangier, tiba di Tangier kita akan mengunjungi The Medina, Place Da France dan Grand Socco, makan siang di restoran lokal, kembali ke hotel untuk check in dan bermalam.

Hari 10  TANGIER - ALGECIRAS - GRANADA
Setelah makan pagi dan check out hotel melanjutkan perjalanan menuju Algeciras dengan menggunakan kapal Ferry sekitar 2,5 jam, tiba di Algericas melanjutkan perjalanan menuju Granada, makan siang di restoran lokal, tiba di Granada makan malam di restoran lokal dan check in di hotel untuk bermalam.

Hari 11  GRANADA - CORDOBA
Setelah makan pagi check out hotel mengunjungi Alhambra Palace & Generalife, setelah makan siang melanjutkan perjalanan menuju Cordoba , tiba di Cordoba diantar ke hotel untuk check in dan bermalam.

Hari 12  CORDOBA - MADRID
Setelah makan pagi check out hotel kemudian mengunjungi Masjid dan Katedral, makan siang di restoran lokal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Madrid, tiba di Madrid makan malam di restoran kemudian check in hotel untuk bermalam.

Hari 13  MADRID
Setelah makan pagi, anda diajak mengunjungi Royal Palace, Plaza Mayor kemudian makan siang di restoran lokal, berbelanja di Grand Via, kembali ke hotel untuk bermalam.

Hari 14  MADRID - RIYADH - JAKARTA 
Setelah makan pagi dan check out hotel kemudian diantar menuju Bandara Internasional Madrid Barajas untuk kembali ke Jakarta melalui Riyadh.

Hari 15  JAKARTA
Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, acara berakhir, semoga Umroh Anda Makbul. Aamiin .

Harga mulai dari USD 4,200 (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Biaya sudah termasuk :
1. Akomodasi dan hotel sesuai program
2. Pengurusan visa (Saudia)
3. Tiket masuk objek wisata yang dikunjungi.
4. Tiket pesawat udara PP (Kelas Ekonomi)
5. Makan 3x sehari
6. Bimbingan manasik umrah
7. Ziarah dengan transportasi bus AC
8. Bagasi sesuai ketentuan penerbangan
9. Muthawwif / Guide berpengalaman
10. Perlengkapan ibadah umrah (kain ihram, mukena & bergo, travel bag, tas dokumen, seragam & buku manasik)
11. Air zam-zam @ 10 liter
12. DVD / VCD memori umroh
13. P3K dan obat-obatan
14. Sertifikat

Biaya belum termasuk :
1. Biaya pengurusan visa Schangen (Spain) Rp. 950.000,-
2. Biaya airport tax, handling & perlengkapan Rp. 750.000,-
3. Asuransi perjalanan Rp. 450.000,-
4. Pembuatan dokumen perjalanan (paspor, dan sebagainya).
5. Biaya pengeluaran pribadi (telepon, mini bar, laundy, dll).
6. Biaya tour tambahan / Optional Tour.
7. Biaya kelebihan berat bagasi (excess baggage).
8. Bea cukai di Jakarta atau negara yang dikunjungi.
9. Tipping untuk Local Guide, Driver EUR, Porter Hotel.
10.Laundry, fax, telp, kelebihan bagasi, dll.yang bersifat pribadi.
11.Tour di luar program yang sudah ditetapkan.
12.Biaya yang timbul akibat keterlambatan, penundaan & pembatalan oleh penerbangan.
13.Biaya suntik Vaksin Meningitis.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detil dan untuk pemesanan Paket Umroh Plus Maroko dan Spanyol selama 15 hari ini :

Address : Taman Buaran Indah I Blok P.343, Klender, Jakarta Timur.
Phone : 081280835158
Email : sentosawisata.office@gmail.com 
Web : www.sentosawisata.com dan www.umroh-sentosawisata.blogspot.com

Sebuah kehormatan jika Anda dan Keluarga mempercayai perjalanan ibadah umrohnya
 bersama kami, Sentosa Wisata Tour and Travel.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



biaya umroh 2015|umroh murah 2015 |umroh |umroh murah| biaya umroh |travel umroh| harga umroh 2015| paket umroh 2015| umroh 2015| harga umroh| paket umroh murah 2015| travel umroh jakarta| umroh februari 2015| paket umroh 2015 jakarta| travel umroh murah| umroh maret 2015 |umroh januari 2015| biaya umroh 2016| paket umroh plus turki 2015| umroh april 2015| umroh 2015 jakarta| biaya umroh murah 2015|biaya umroh plus turki 2015|biaya umroh ramadhan 2015| paket umroh akhir tahun| paket umroh awal ramadhan 2015| paket umroh awal tahun 2015| paket umroh bulan maret 2015 |paket umroh depok |paket umroh januari 2015| paket umroh murah| paket umroh ramadhan 2015| promo umroh 2015 |travel umroh terbaik |travel umroh terpercaya| umroh 2016 |umroh akhir tahun 2014| biaya umroh 2015 jakarta| biaya umroh depok |biaya umroh murah| biro umroh haji plus |ongkos umroh 2015| paket haji khusus| paket haji plus| paket umrah 2015| paket umroh akhir ramadhan 2015| paket umroh awlaa tahun 2015| paket umroh bulan februari 2015| paket umroh desember 2014| paket umroh hemat 2015| paket umroh lailatul qadar 2015| paket umroh nava tour| paket umroh plus istanbul turki| paket umroh plus turki desember 2014| paket umroh reguler 2015| paket umroh rombongan sejarah islam tempat bersejarah dalam umroh| travel umroh 2015| travel umroh depok| travel umroh jakarta timur| travel umroh plus| travel umroh yang bagus dan murah |umroh al azhar| umroh andalus| umroh awal tahun 2016| umroh backpacker 2015| umroh desember 2014 jakarta| umroh ekonomis umroh februari |umroh hemat| umroh jakarta| umroh keluarga |umroh liburan sekolah |umroh maret 2016| umroh online

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...